3 Negara Pencetus Tim-Tim eSports Terbaik

Game atau permainan di komputer yang kini dikenal juga dengan nama eSports, dahulu hanya dianggap sebagai hiburan bagi kebanyakan orang. Namun saat ini, eSports telah berkembang dengan adanya beragam kompetisi yang juga menghasilkan uang. Oleh karena itu, tidak heran jika kepopuleran eSport tak hanya melanda dunia. Kini Indonesia eSports juga terus berkembang lantaran permainan yang ditawarkan tidak hanya menyenangkan namun juga bisa menghasilkan uang hingga ratusan juta dolar.

Saat ini ada tiga negara di dunia yang sudah mendulang keuntungan paling banyak dari eSports . Ketiga negara ini memiliki tim-tim eSports yang sudah mendapatkan uang hingga miliaran rupiah. Negara mana sajakah itu? Simak ulasan berikut.

1. China

Negara yang memiliki julukan Tirai Bambu ini merupakan negara yang memiliki penghasilan terbesar dari eSports . Bahkan nilai rupiah yang sudah diperoleh tim-tim eSports ini mencapai 734 miliar rupiah atau sekitar 55 juta US Dolar.

Dota 2 merupakan game yang menyumbangkan kemenangan dengan nilai uang tertinggi bagi negara China. Hao, Xiao8, FY, dan Fenrir adalah nama-nama terkenal yang berasal dari negara ini. Mereka selalu tampil dengan gemilang di level atas Dota 2 yang tentunya terus mendulang keunggulan China di bidang eSports.

Nilai terbaik yang didapatkan China juga tidak luput dari prestasi Wings Gaming yang sukses membawa pulang uang senilai sembilan juta dolar pada TI 6. Lalu Clearlove, Uzi, dan Koro1 juga tak mau ketinggalan. Mereka sukses juga memboyong uang dari dunia League Of Legends yang semakin memperkuat posisi China di kancah eSports.

Menurut prediksi, negara ini akan menjadi salah satu negara yang kuat di dunia eSports. Hal ini dikarenakan animo masyarakat terhadap eSports semakin besar dan juga munculnya organisasi besar yang merekrut pemain eSports berbakat dari berbagai jenis permainan.

2. Amerika Serikat

Dalam dunia eSports, rivalitas antara West dan East memang dikenal cukup sengit. Bahkan di kalangan Indonesia eSports, para gamers pasti tahu mengenai perebutan kekuasaan antara tim dari Amerika versus tim dari negara China.

Untuk saat ini Amerika Serikat masih berada satu tingkat di bawah China dengan total pendapatan sekitar 54 juta US Dolar atau senilai 720 miliar rupiah. Jika memperhatikan nilai uang yang didapatkan kedua negara rival ini, jelas tampak bahwa kedua negara memiliki tim eSports yang hampir sama kuatnya.

Meski berada di urutan kedua, tetapi Amerika Serikat merupakan negara yang memiliki pemain terbanyak dalam dunia eSports. Ada sekitar 8.744 pemain yang berasal dari negara ini. Selain jumlah pemain yang banyak, Negeri Paman Sam ini punya berbagai turnamen. Aneka eSports seperti Call of Duty, HALO, Smite, Street Fighter, Mortal Kombat, Quake, hingga game mobile seperti Clash Royale memiliki turnamen masing-masing.

Untuk saat ini, penyumbang terbesar pendapatan Amerika Serikat yaitu dikenal dengan nama Trio Evil Geniuses yang terdiri dari PPD, Universe, dan Fear. Ketiganya sudah punya pendapatan sebanyak delapan juta dolar.

3. Korea Selatan

Negara ketiga yang berkuasa di dunia eSports dengan tim terbaik yaitu Korea Selatan. Negara yang juga dikenal dunia melalui Kpop ini sudah mengantongi uang sebanyak 640 miliar rupiah atau senilai 48 juta US Dolar. Meski memiliki pendapatan yang banyak, namun berbeda dari kedua negara lainnya, pendapatan Korea Selatan tidak didominasi dari Dota 2.

Negara Ginseng ini justru dikenal memiliki kekuasaan tinggi di game starcraft 2 dan League of Legends. Lim Yo Hwan, Faker, dan Hong Jin Ho adalah nama para gamers legendaris yang berasal dari negara ini. Ketiganya kini bahkan cukup terkenal di Korea Selatan seperti artis K-pop.

Demikian tiga negara yang memiliki tim eSports terbaik. Lalu apakah Indonesia eSports bisa menjadi salah satu yang terbaik kelak? Tentu ini harus perjuangkan oleh para pemain eSports Tanah Air yang akan bertarung di kancah Internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *