Games CS GO: Kandidat eSports di Asian Games 2018

Bagi yang belum tahu, eSports adalah kompetisi permainan video yang mempertemukan para gamers profesional. Permainan ini banyak jenisnya, di antaranya adalah League of Legends, Dota 2, Counter Strike, dan masih banyak lagi. Biasanya, pemain eSports didominasi oleh laki-laki, tetapi tidak sedikit juga wanita cantik yang menyukai olahraga elektronik ini.

Nah, sobat penggemar eSports Indonesia, kabarnya eSport akan diperkenalkan sebagai cabang olahraga baru di Asian Games. Kebetulannya lagi, Asian Games 2018 akan diselenggarakan di Indonesia dan diikuti oleh 46 negara di Asia. Merupakan sebuah kebanggaan tersendiri, karena Indonesia menjadi tempat bersejarah dari diperkenalkannya eSports di ajang multi-event paling bergengsi se-Asia ini.

Berkenalan dengan Counter Strike: GO

CS: GO
Sumber: steam.com

Dalam Asian Games tahun 2018, ada beberapa cabang olahraga eSports yang rencananya dipertandingkan. Salah satunya adalah Counter Strike: GO (Global Offensive), permainan dengan mode First-Person Shooting yang dikembangkan oleh Valve Corporation dan Hidden Path Entertainment. Tentu sobat penggemar eSports Indonesia sudah tidak asing lagi dengan game tersebut, mengingat Counter Strike telah ada sejak lama dan begitu populer.

Sama seperti versi sebelumnya, game ini mengusung konsep tembak-menembak yang mengandalkan kerja sama tim. Alur ceritanya pun menggunakan sudut pandang orang pertama. Pemain dapat memilih peran sebagai Teroris atau Anti-Teroris. Mekanismenya adalah pemain diharuskan menyelesaikan misi atau mengalahkan kelompok musuh. Sebenarnya sangat sederhana dan waktu permainannya pun tidak terlalu panjang.

Adapun CS: GO terdiri dari 5 mode gameplay, antara lain: Deathmatch, Arms Race, Demolition, Casual, dan Competitive. Jika sudah mahir bermain di empat mode sebelumnya, barulah pemain sanggup menaklukkan mode Competitive. Dibutuhkan strategi, penguasaan peta, dan manajemen waktu untuk bisa mengalahkan pihak lawan. Untuk senjata, terdapat beberapa jenis baru pada versi ini, seperti Molotov dan Incendiary Grenade.

CS: GO
Sumber: youtube.com

Setelah dirilis pertama kali, Counter Strike: GO ternyata mendapat banyak respons positif dari para kritikus professional. Metacritic, website yang biasa mengkritik sebuah permainan memberikan nilai sebesar 83 dari total 100 untuk versi PC-nya. Destructoid juga memberikan respons positifnya, ia memberikan poin 95 dan berpendapat bahwa versi terbaru ini lebih baik.

Meskipun begitu, ternyata pihak pengembang sebelumnya mengeluarkan beberapa pengumuman kontroversial. Dalam pengumuman itu, mereka menyatakan akan menyertakan kelompok separatis yang memiliki simbol mirip ETA sebagai bagian dari karakternya. Namun, hal itu urung dilakukan karena Badan Pemerintah Spanyol dengan tegas melarang dan meminta pihak CS: GO untuk mencabut tokoh kelompok tersebut. Alasannya, eksposur terhadap kelompok separatis dalam game besutan mereka dianggap akan melukai perasaan korban yang sesungguhnya..

eSport di Ajang Asian Games Hanya sebagai Ekshibisi

Berhubung baru pertama kali diperkenalkan di Asian Games, eSports kali ini hanya berupa pertandingan eksibisi, bukan memperebutkan medali. Meskipun begitu, eSport tetap terhitung sebagai pertandingan resmi dan pemenang akan mendapatkan hadiah uang.

Sebagai informasi, setiap cabang olahraga yang baru pertama kali masuk di Asian Games harus menjadi ekshibisi terlebih dahulu, barulah selanjutnya dipertandingkan untuk memperebutkan medali. Kabar baiknya, pihak OCA (Olympic Council of Asia) sudah mengatakan bahwa kompetisi eSport yang memperebutkan medali bisa terealisasi di Asian Games tahun 2022.

Sampai saat ini, belum diputuskan secara resmi mengenai kandidat eSport mana saja yang akan dipertandingkan di Asian Games 2018. Namun yang pasti, sepak terjang eSports akan semakin dikenal masyarakat internasional, khususnya di wilayah Asia.

Bagaimana, sobat esports Indonesia? Tidak sabar menanti Asian Games yang tinggal beberapa bulan lagi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *